Medan Baru: Sedap Nikmat Gulai Kepala Ikan dan Burung Punai Goreng


Gulai Kepala Ikan

Restoran bergaya Sumatra ini sudah terkenal kelezatannya, terutama sajian gulai kepala ikan dan burung punai gorengnya. Jangan lupa cicipi acar mentimunnya. Sepiring nasi putih serasa tak cukup!

Saat melewati Jalan Pesanggrahan, Jakarta Barat, kami tertarik dengan sebuah rumah makan di ruko berlantai empat dengan plang nama 'Medan Baru'. Lantai 2 dan 3-nya berdinding kaca, sedangkan restorannya didominasi warna abu-abu dan hitam.

Melihat namanya, tentu kita akan mengira hidangan yang disajikan a la Medan. Ternyata setelah masuk, restoran ini perpaduan restoran Minang dan Sumatra Utara. Wadah-wadah lauk diletakkan paling depan di balik jendela kaca. Para pelayanpun akan dengan sigap menghidangkan piring-piring kecil lauk ke meja setelah pelanggan duduk.

Dengar-dengar, hidangan yang tak boleh dilewatkan jika bersantap di sini salah satunya adalah gulai kepala ikan. Biasanya tersedia ukuran kecil, sedang, dan besar. Namun, karena sudah sore, kepala ikan kecil sudah habis. Kepala ikan sedangpun tinggal satu-satunya.

Karena penasaran, jadi juga kami memesan gulai kepala ikan sedang (Rp 110.500). Di piring oval berbahan stainless steel tampak kepala ikan berendam kuah santan kental berwarna oranye. Hidangan yang baru dipanaskan ini menebar aroma gulai yang bikin perut keroncongan.

Setelah membersihkan tangan di kobokan berisi air hangat, tangan siap mengoyak daging kepala ikan untuk dipindahkan ke piring berisi nasi putih (Rp 7.000). Wah, dagingnya terasa sangat lembut sampai-sampai sepertinya bisa dilumat dengan gerakan lidah saja.

Kuah gulainya pekat, perpaduan santan kental dengan bumbu dan rempah yang terasa lembut di lidah. Semburat asam sunti berpadu dengan lembut gigitan cabai. Tak ada citarasa yang menonjok, terasa panas di tenggorokan, atau berminyak.Next
(odi/fit)

View the original article here

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Medan Baru: Sedap Nikmat Gulai Kepala Ikan dan Burung Punai Goreng"

Post a Comment

Traveting adalah berita Travel, Disini Anda bebas bertanya maupun mengutarakan ide, gagasan, opini secara bebas yang tentu tidak termasuk dalam koridor Sara. Dilarang keras titip Link / URL hidup maupun berupa tulisan atau mempromosikan produknya.